Rabu, 15 Juni 2016

Tugas Final TIK

1.       Jelaskan  manfaat media pembelajaran berbasis IT bagi pendidik dan peserta didik ?
Adapun manfaat pembelajaran berbasis IT bagi pendidik diantaranya adalah (1) Pendidik dapat mengupdate  informasi mengenai kurikulum dan bahan ajaran yang baru (2) Membantu proses belajar mengajar (4) Memicu kreativitas guru (5) Pendidik dapat menerapkan proses belajar mengajar dengan metode pembelajaran, seperti diskusi, inkuiri, serta menggunakan model pembelajaran yang dikemas sederhana, menarik dan menyenangkan peserta didik, sehingga lebih bermakna (6) Dengan adanya IT, yang dimanfaatkan oleh pendidik dalam mengajar akan memberikan stimulus kepada siswa untuk belajar dan menciptakan kelas yang kodusif dan terkontrol (7) Untuk mempermudah bagi pendidik dalam menyampaikan informasi materi kepada anak didik (8) Menciptakan kegiatan belajar yang mengasyikkan.
Selain itu, adapun manfaat pembelajaran IT bagi peserta didik diantaranya adalah (1) Membantu peserta didik meningkatkan kemampuan belajar mereka (2) Mengantarkan siswa mencapai berbagai prestasi melalui pembelajaran berbasis IT (3) Banyaknya program pelajaran yang disajikan oleh IT, sehingga dapat melahirkan proses berpikir kreatif melahirkan ide-ide baru yang bisa dikembangkan peserta didik (4) Dengan adanya IT, peserta didik dengan mudah menggunakan kumputer untuk mengerjakan tugas (5) Mengembangkan kompetensi peserta didik dalam pembelajaran berbasis IT (6) Memotivasi kemampuan peserta didik (7) Media pembelajaran berbasis IT menjadi bekal bagi peserta didik dalam menempuh masa depan yang semakin deras dengan arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

2.      Uraikan model-model pembelajaran berbasis komputer, beserta contohnya!
a)      Model drills
Model drills adalah suatu model dalam pembelajaran dengan jalan melatih siswa terhadap bahan pelajaran yang sudah diberikan. Melalui model drills akan ditanamkan kebiasaan tertentu dalam bentuk latihan. Dengan latihan terus menerus maka akan tertanam dan menjadi kebiasaan.
Contoh : Guru memberikan soal atau tugas sebagai bahan evaluasi apa yang telah diajarkan sebelumnya.

b)        Flowchart model drills adalah model pembelajaran menggunakan simbol-simbol untuk menunjukkan arah pembelajaran atau tujuan dari pembelajran agar lebih mudah di pahami.
Contonya : menyederhanakan bahan ajar yang awalnya panjang kini dijadikan lebih simple menggunakan bagan atau chart.
c)       Model  Tutorial
Program tutorial pada dasarnya sama dengan program bimbingan yang bertujuan memberikan bantuan kepada siswa agar dapat mencapai hasil belajar secara optimal. Kegiatan tutorial ini memang sangat dibutuhkan sebab siswa yang dibimbing melaksanakan kegiatan mandiri yang bersumber dari modul-modul dalam bidang studi tertentu.
Contoh : misalnya Tutorial dalam menggunakan aplikasi photoshop ataupun coreldraw jadi hanya berupa memberikan petunjuk.

d)     Model   Simulasi
Model simulasi pada dasarnya merupakan salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret melalui penciptaan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mengikuti suasana sebenarnya dan berlangsung dalam suasana yang tanpa resiko.
Contoh :  Misalnya tes IQ yang menggunakan aplikasi di computer ataupun bentuk-bentuk aplikasi soal-soal simulasi UN ataupun SBMPTN

e)      Model   Intruktional     Games
Intruktional Games merupakan salah satu bentuk metode dalam pembelajaran berbasis komputer. Tujuan instructional games adalah untuk menyediakan pengalaman belajar yang memberikan fasilitas belajar untk menambah kemampuan siswa melalui permainan yang mendidik.

Contoh : guru TK menggunakan teknik belajar seperti ini agar mampu menarik minat para anak-anak agar mampu lebih aktif dalam belajar, menggunakan game gambar ataupun sejenisnya.

3.      Jelaskan dengan contoh perbedaan pembelajaran blended learning dan e-learning!

Blended learning adalah metode pembelajaran yang memadukan pertemuan tatap muka dengan materi online secara harmonis. Contohnya, ketika dosen telah mengadakan pertemuan kelas selanjutnya dia memberikan tugas namun keterbatasan waktu maka tugsa tersebut diperkenankan untuk di kumpul ke alamat email si dosen, jadi terjadi perpaduan antara tatap muka langsung dan online.
Adapun, E-learning merupakan singkatan dari Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya. Contohnya saat ini dikalangan Siswa sekolah dikenal laman bernama Brainly.com yang bisa mmbantu menawab setiap pertanyaan yang diajukan dan sebagai bentuk diskusi, selain itu ada juga aplikasi Quipper yang saat ini marak digunakan sebagai media pembelajaran berbasis E-learning.

4.      Jelaskan dengan contoh langkah-langkah membuat blog!

Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam pembuatan Blog diantaranya;
a)      Karena blog sangat didukung penuh oleh google, maka untuk mempermudah sediakan terlebih dahulu akun google dengan menggunakan gmail, adapaun alamatnya j.mardiatul@gmail.com
b)      Kemudian cari laman dengan alamat www.blogger.com
c)      Akan muncul tampilan awal pendaftaran yang menyuruh kita mengisi alamat e-mail/akun google, kemudian masukkan kata sandi e-mail.
d)      Setelah muncul pada Dasbor blogger, pada sisi kiri ada tulisan Blog Baru klik tulisan tersebut.
e)      Anda diminta memasukkan:
  •  Judul: Tik & Kewirausahaan
  •  Alamat: mardiatuljannah.blogspot.com
  • Kemudian pilih template yang diinginkan
f)       Disisi kanan bawah ada pilihan antara Buat blog atau Batal, klik yang berwarna orange yaitu Buat Blog
g)      Anda akan dialihkan ke alamat blog yang telah dimasukkan, dengan tampilan tamplate sesuai yang dipilih. Namun balog tersebut masih kosong dikarenakan belum ada satupun yang di posting.
h)      Blog siap digunakan.

5.      Coba jelaskan apa yang anda ketahui tentang TIK sebagai alat untuk penilaian pembelajaran!

Menurut yang saya ketahui dalam TIK banyak aplikasi yang dapat digunakan sebagai media penilaian pembelajaran, misalnya saja pada aplikasi-aplikasi tertentu dimana siswa yang mampu menjalankan aplikasi tersebut maka mendapat point tambahan. Selain itu aplikasi pada Ms. Excel sangatlah penting digunakan sebagai alat penilaian dan pengolahan data hasil penilaian, dalam hal ini data yang dihasilkan oleh Ms. Excel lebih akurat jika harus dihitung manual, selain itu juga dapat lebih mengefisienkan waktu pengerjaan nilai karena sudah banyak rumus yang tersedia di dalamnya sehingga mampu memudahkan pekerjaan.



Diposkan oleh:
Mardiatul Jannah
Pend. Ekonomi /B
1594041038

Tidak ada komentar:

Posting Komentar