Rabu, 15 Juni 2016

Tugas Final Kewirausahaan

  1. Ceritakan kebutuhan wirausaha/ pengusaha bagi sebuah Negara untuk maju dan perhatikan keadaan Indonesia sekarang.
    Menurut pandangan saya peran wirausaha sangatlah penting bagi suatu Negara, buktinya saja pada masa awal kemerdekaan Indonesia yang saat itu masih mengalami permasalahan dibidang ekonomi, salah satu antisipasi yang dilakukan oleh pemerintah yaitu dengan memberikan suntikan modal bagi kaum pengusaha pribumi dengan harapan keberadaan pengusaha-pengusaha tersebut dapat menstabilkan kondisi perekonomian.
    Wirausaha/ pengusaha sangatlah dibutuhkan dinegara berkembang seperti Indonesia pasalnya hal itu bisa membantu mengatasi permasalahan pengangguran karena dapat menciptakan banyak lapangan pekerjaan. Kita juga dapat bercermin dari Negara-negara maju seperti halnya Jepang, Korea dan Singapura yang sector wirausaha/pengusahanya sangatlah pesat dan seolah mereka telah merajai dunia perekonomian dengan wirausaha. Adapun langkah yang dilakukan Indonesia saat ini, seperti yang pernah saya dengarkan pernyataan dari mantan menteri Ekonomi Kreatif yaitu salah satu upaya dalam pengembangan wirausaha di Indonesia yaitu dengan mendorong pertumbuhan UKM. Diharapkan sector usaha baik besar, menengah maupun kecil dapat berperan dalam mengatasi permasalahan perekonomian yang terjadi sehingga mampu mengantarkan Indonesia menjadi Negara yang maju.
     
    2.       Jelaskan peranan wirausaha dalam peningkatan perekonomian suatu Negara?
    Jika menilik lebih jauh mengenai peran wirausaha bagi perekonomian suatu Negara pastinya sangatlah banyak, pasalnya dibeberapa Negara yang dikenal maju saat ini semuanya tak terlepas dari peran wirausaha didalamnya. Dengan adanya wirausaha/ pengusaha pastinya beban Negara dalam menanggung rakyat yang tidak bekerja akan lebih ringan dikarenakan wirausaha mampu menciptakan suatu lapangan pekerjaan, selain itu dengan produk yang dihasilkan oleh para wirausaha itu dapat meningkatkan PDB suatu Negara dan meningkatkan pendapatan nasional. Peran pengusaha/ wirausaha juga sangat membantu Negara dalam menyediakan sarana dan prasarananya. Hal ini dikarenakan sebuah perusahaan memiliki sebuah tanggung jawab social dimana dengan adanya hal itu otomatis suatu Negara akan lebih terbantu dalam mengkordinir masyarakatnya terutama yang berada di lingkup perusahaan tersebut. Adapun apabila suatu pengusaha/wirausaha ingin mengekspor barangnya otomatis mereka akan membayar biaya pajak ekspor yang menjadi salah satu sumber devisa bagi Negara. Maka dari itu keberadaan wirausaha/pengusaha bagi suatu Negara sangatlah vital terutama dalam peningkatan perekonomian Negara tersebut.

    3.       Jelaskan mengapa lulusan perguruan tinggi dari tahun ke tahun semakin meningkat tetapi tidak terserap di dunia usaha?
    Adapun hal yang menyebabkan banyaknya wisudawan yang lulus namun tidak terserap dalam dunia kerja dikarenakan pikiran mereka telah terdoktrin bahwasanya setelah lulus mereka harus mencari pekerjaan dan  menjadi seorang pegawai, oleh karena itu mereka tak pernah kepikiran untuk menciptakan sebuah lapangan kerja. Alasan tuntutan orang tua juga termasuk dalam hal ini, orang tua lebih merestui anaknya menjadi seorang pegawai dengan alasan resikonya kecil dan gaji nya yang menjanjikan sedangkan jika harus menjadi wirausaha mereka harus rela berkorban karena resikonya sangatlah tinggi dan pendapatannya juga tidak menentu.

    4.       Jelaskan bagaimana pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi?
    Dari apa yang saya ketahui, mata kuliah kewirausahaan terutam si UNM  dijadikan sebagai mata kuliah wajib di semester awal, dengan waktu 2 SKS maka mata kuliah ini mengajarkan berbagai teori mendasar mengenai kewirausahaan. Namun, hal yang paling disayangkan yaitu kurangnya praktek dalam perkuliahan karena lebih banyak mempelajari teori tanpa adanya implementasi langsung dalam kehidupan. Hal ini lah yang menjadi salah satu alasan banyaknya pengangguran intelektual dari fakultas ekonomi, pasalnya mereka memiliki peluang untuk menjadi seorang wirausaha namun mereka hanya mengetahui tentang teori dan belum mempraktekkannya secara langsung. Namun di UNM sendiri telah ada Unit kegiatan yang bergerak di sector kewirausahaan walaupun berlabelkan Koperasi namun setidaknya sudah ada implementasi kewirausahaan didalamnya, sehingga bisa dijadikan sebagai wadah/media pembelajaran selain di kelas.

    5.       Kemukakan solusi apa yang perlu diambil dalam menangani persoalan yang menyangkut kurikulum pendidikan dan pengangguran?
    Adapun solusi yang bisa saya berikan berkaitan dengan permasalahan diatas, yaitu dengan menambah jumlah SKS mata kuliah kewirausahaan  yang awalnya hanya 2 bisa dijadikan 3 SKS dan juga ada tugas khusus yang diberikan sebagai nilai praktek sehingga para mahasiswa akan lebih mengetahui bagaimana sebenarnya menjadi wairausahawan dan tidak hanya sekedar mengetahui teori saja melainkan disandingkan dengan praktek langsung. Selain itu perlu dibentuk Unit Kegiatan Mahasiswa yang berkaitan dengan dunia kewirausahaan agar ada wadah yang dapat menampung mahasiswa dalam memfasilitasi praktek kewirausaahaan.
    Dengan adanya solusi diatas maka dapat pula mengatasi satu persoalan lagi yaitu pengangguran, adanya penerapan solusi mengenai kurikulum kewirausahaan maka kita dapat meminimalisir melonjaknya angka pengangguran intelektual. Pasalnya dengan mempelajari dan mempraktekannya secara langsung secara otomatis setelah lulus nanti mereka akan lebih kreatif lagi memanfaatkan peluang yang ada sehingga mereka mampu mendapatkan pekerjaan sebagai wirausaha yang pastinya juga akan menyerap tenaga kerja dan mampu berperan dalam mengurangi jumlah pengangguran dan beban Negara. 

    Diposkan Oleh:
    Mardiatul Jannah
    Pendidikan Ekonomi/B
    1594041038

Tidak ada komentar:

Posting Komentar