Minggu, 13 Maret 2016

Kesimpulan Kewirausahaan BAB 1

       Dari pemaparan kelompok satu tentang BAB 1 "Pendahuluan" Kewirausahaan dapat disimpulkan bahwa,  Kurangnya minat para mahasiswa dengan kewirausahaan di akibatkan kebanyakan dari mereka lebih berorientasi untuk mencari kerja setelah lulus dan bukan menciptakan lapangan pekerjaan. Hal itu memberikan sedikit gambaran betapa pola pikir untuk menjadi wirausaha dikalangan mahasiswa masih sanga kecil.

          Dari hasil penelitian, mahasiswa sulit untuk mau dan memulai wirausaha dengan alasan mereka tidak diajar dan dirangsang untuk berusaha sendiri. Hal ini juga didukung oleh budaya masyarakat dan keluarga yang dari dulu selalu ingin anaknya menjadi orang gajian alias pegawai. Mereka lebih cenderung mendorong anak-anak mereka untuk mencari pekerjaan atau menjadi karyawan.

        Kita perlu prihatin dengan rendahnya minat wirausaha di kalangan mahasiswa dan pemuda. Pola pikir dan lingkungan yang selalu berorientasi menjadi karyawan mulai sekarang kita putar balik menjadi berorientasi untuk mencari karyawan. Dorongan berbentuk motivasi yang kaut untuk maju dari pihak keluarga merupakan modal awal untuk menjadi wirausaha. Dengan dukungan pihak keluarga mereka memiliki mental dan motivasi sebagai faktor pendorong utama. Selain itu dengan mengikuti banyak pelatihan dan seminar yang menyangkut kewirausahaan juga mampu berperan penting dalam mengubah pola pikir sehingga bisa lebih tahu dan mengenal lagi dunia usaha. Mengubah pola pikir seseorang untuk memulai suatu usaha bukan pekerjaan mudah. Namun, paling tidak mental yang dimiliki merupakan modal yang sangat besar untuk memulai sesuatu.

    Selain itu juga dengan merangsang para mahasiswa tentang apa saja keuntungan dalam berwirausaha diharapkan dapat mengubah pola pikirnya, Memiliki harga diri, penghasilan, ide ataupun motivasi dan juga pastinya masa depan adalah beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dari seorang wirausaha. Adapun jurus awal yang harus dilakukan sebelum menjadi wirausaha diantaranya kita harus berani memulai, berani menanggung resiko, harus penuh perhitungan, memiliki rencana yang jelas, tidak cepat puas dan putus asa, selain itu kita juga harus optimis dan penuh keyakinan, memiliki tanggung jawab dan juga kita harus memiliki etika dan moral. Itulah kiat-kiat yang bisa menjadi awal untuk kita menjadi pengusaha.

     Setelah mengetahui informasi diatas maka diharapkan adanya kemajuan bagi dunia kewirausahaan di Indonesia sehingga kita tidak akan tertinggal jauh dibandingkan negara lain.

Diposkan Oleh:
Mardiatul Jannah
Pend. Ekonomi/ B
1594041038

Tidak ada komentar:

Posting Komentar