Minggu, 20 Maret 2016

Kesimpulan TIK "Konsep Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi"

Dari pemaparan kelompok dua tentang Konsep Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat disimpulkan bahwa perkembangan TIK telah memberikan kontribusi terhadap terjadinya revolusi dalam berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Kata teknologi secara harfiah berasal dari kata texere  yang memiliki arti sebagai cara yang digunakan untuk menyusun atau membangun suatu objek. Sedangkan Informasi adalah fakta atau apa pun yang dapat digunakan sebagai input dalam menghasilkan informasi.  Kata komunikasi berasal dari bahasa Latin yaitu Communicare yang berarti pemberitahuan. Dasar dari kata communicare adalah communis yang artinya milik bersama. Jadi komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan ( ide, gagasan, materi pelajaran ) dari satu pihak ke pihak yang lain agar terjadi saling memengaruhi di antara keduanya.

Adapun ciri-ciri dari Informasi yang berkualitas menurut Mc. Leod ada empat,  yaitu (1) Akurat, harus sesuai dengan keadaan atau kondisi yang sebenarnya (2) Tepat Waktu, harus dapat tersedia pada saat informasi tersebut sedang di butuhkan (3) Relevan, harus sesuai dengan kebutuhan penerima informasi (4) Lengkap, artinya informasi yang kita terima harus lengkap, utuh dan tidak setengah-setengah.

Berikut ini beberapa jenis-jenis informasi, meliputi:
  1.     Absolute informatioan
  2.     Substitutional information
  3.     Philosophic information
  4.     Subjective information
  5.     Objective information
  6.     Cultural information

Berdasarkan anlisis pendekatan sistem informasi, komponen-komponen suatu informasi adalah :
  • Root of information
  • Bar of information
  • Branch of information
  • Stick of information
  • Bud of information
  • Leaf of information

Dijelaskan pula Hakikat Teknologi Informasi, dimana Istilah Teknologi Informasi sebelumnya lebih dikenal dengan teknologi komputer. Menurut Lucas, teknologi informasi mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti menangkap, mentrasmisikan, menyimpan, mengambil, memanipulasi atau menampilkan ide.  Selain itu adapula Hakikat Teknologi Komunikasi adalah alat atau media yang digunakan untuk melakukan penyampaian informasi kepada orang lain secara efktif dan efisien. Menurut Rogers yang dimaksud teknologi komunikasi termasuk media adalah microkomputer, tele-conferencing, teletex, videotext, kabel televisi interaktif dan satelit komunikasi. Adapun Hakikat Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dikutip dari sumber menyatakan bahwa TIK adalah sebagai bagian dari IPTEK secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran dan penyajian informasi.

Ruang Lingkup Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek yaitu:
  • Teknologi informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan, sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengolahan informasi.
  • Teknologi komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan  alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke yang lainnya.

Mata pelajaran TIK merupakan mata pelajaran yang membahas mengenai teknologi informasi dan komunikasi. Mata pelajaran ini menjadi mata pelajaran pokok bagi siswa didalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi. Sejak 2004 mata pelajaran ini ditetapkan menjadi salah satu mata pelajaran yang harus diajarkan di sekolah.

Mata pelajaran TIK mempunyai ruang lingkup diantaranya :
1.Membahas perangkat keras, perangkat lunak, sehingga mampu mengumplkan, memproses, dan menyajikan sebuah informasi.
2.Membahas bagaimana cara memindahkan sebuah dara dari satu perangkat ke perangkat lainnya.


Tujuan mata pelajaran TIK, adalah :
1.Aspek kognitif, siswa/mahasiswa diharapkan mampu mengetahui, memahami, dan menyajikan sebuah data.
2.Aspek afektif, siswa/mahasiswa diharapkan mampu berfikit secara kritis, kreatif, dan inovativ dalam memanfaatkan teknologi.
3.Aspek psikomotorik, siswa/mahasiswa diharapkan mampu memanfaatkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.  


Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi
a.      Zaman Pra-Sejarah (-3000 SM)
Pada zaman ini kemampuan berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi, dan adapun setiap objek yang mereka lihat semuanya akan dituangkan di dinding-dinding goa sebagai seumber informasinya.

b.      Zaman Sejarah (3000 SM- 1400 M)
Pada masa ini teknologi informasi belum menjadi teknologi massal seperti yang kita kenal sekarang ini, teknologi informasi masih digunakan pada saat-saat khusus oleh kalangan tertentu karena harganya yang cukp mahal. Di zaman ini pertama kalinya digunakan pictograf sebagai huruf untuk menyatakan simbol-simbol.

c.       Zaman Modern (1400 M- Sekarang)
Kemajuan teknologi pada masa modern yang berkembang saat ini yaitu dengan ditemukannya komputer. Dengan teknologi komputer kegiatan pembelajaran dapat menggunakan komputer sebagai alat bantu dan sistem pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
Itulah sedikit kesimpulan yang bisa saya uraikan kembali berdasarkan hasil pemaparan dari kelompok dua, disini dapat kita lihat betapa pentingnya sebuah Informasi dan semua itu tak bisa kita dapatkan tanpa adanya peran dari teknologi. Sehingga Teknologi, Informasi dan juga Komunikasi sangatlah penting dalam menunjang kemaslahatan masyarakat, karena tanpa adanya salah satu aspek tersebut maka kehidupan akan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Diposkan oleh:
Mardiatul Jannah
Pend. Ekonomi/ B
1594041038


1 komentar: