Dari
diskusi kelompok 1 tentang BAB II “ Belajar dan Pembelajaran Berbasis TIK”
dapat disimpulkan bahwasanya di era globalisasi saat ini peran Teknologi
Informasi dan Komunikasi sangatlah penting diberbagai aspek kehidupan manusia
terutama pada aspek pendidikan karena diharapkan dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran. Dengan adanya TIK kita dapat mengakses dengan mudah ilmu
pengetahuan karena jangkauannya luas, cepat, efektif dan efisien. TIK digunakan
sebagai media dalam memadukan kedua unsur manusiawi (siswa dan guru) sehingga
mampu melahirkan interkasi yang edukatif.
Dengan berubahnya konsep pembelajaran yang lebih berbasis pada TIK menimbulkan
perubahan pada perilaku siswa sebagai hasil belajar dimana bentuk perubahan itu
menurut Gagne diantaranya; Informasi verbal, kecakapan intelktual, strategi
kognitif, sikap, dan kecakapan motorik. Dan secara keseluruhan biasanya hasil
belajar akan nampak berupa; Kebiasaan, keterampilan, pengamatan, berpikri
asosiatif, berpikir rasional, sikap, Inhibasi (menghindari hal mubazir),
Apresiasi dan juga perilaku yang afektif.
Sedangkan menurut UNESCO hasil belajar dapat dituangkan
dalam empat pilar pembelajaran, yaitu;
a.
Belajar mengetahui (
Learning to know)
c.
Belajar hidup bersama (
Learning to live together)
d.
Belajar menjadi diri
sendiri yang utuh (Learning to be)
Aktivitas belajar terjadi dalam satu konteks perencanaan untuk mecapai suatu
perubahan tertentu, siswa dalam belajar harus mendapat kesempatan untuk
melakukan aktivitas. Jenis-jenis aktivitas belajar siswa diantaranya adalah: Belajar
arti kata, Belajar kognitif, Belajar menghafal, Belajar teoritis, Bekajar
konsep, Belajar kaidah, Belajar berfikir, Belajar motorik, Belajar estetika. Selain
adanya aktivitas belajar, kita juga perlu mengetahu akan adanya Prinsip-prinsip
dalam belajar yang relatif berlaku umum berkaitan dengan Perhatian dan
motivasi, keaktifan, keterlibatan langsung/ berpengalaman, pengulangan,
tantangan, balikan dan penguatan serta perbedaan individual.
Dalam diskusi kali ini juga dijelaskan adanya tipe gaya belajar yang harus
dicermati oleh guru,. Gaya belajar tersebut memiliki penekanan masing-masing,
meskipun perpaduan dari ketiganya sangatlah baik. Adapun tipe belajar tersebut
dibagi kedalam:
- Tipe belajar visual (visual laerner) : gaya belajar dimana gagasan, konsep, data dan informasi lainnya dikemas dalam bentuk gambaran dan teknik.
- Tipe belajar audiktif (audiotory learner) : suatu gaya belajar dimana siswa belajar melalui mendengarkan.
- Tipe belajar kinestik (tactual learner) : belajar melakukan, merasa, menyentuh, bergerak dan mengalami.
Selain itu adapula komponen pembelajaran yang membentuk siklus, ciri utama dari
kegiatan pembelajaran ini adalah adanya interaksi yang terjadi antara siswa dan
lingkungan belajarnya, baik itu dengan guru, teman-temannya, alat, media
pembelajaran dan/ atau sumber-sumber belajar lainnya. Dimana dalam pembelajaran
akan terdapat komponen-komponen diantaranya Tujuan, bahan/ materi, strategi,
media, dan evaluasi pembelajaran.Pelaksanaan pembelajaran merupakan hasil
integrasi dari beberapa komponen yang memiliki fungsi tersendiri dengan maksud
agar kecapaian tujuan pembelajaran dapat terpenuhi. Dijelaskan pula bahwa
ada dua pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran diantaranya:
·
Pendekatan pembelajaran
berorientasi pada guru
·
Pendekatan pembelajaran
berorientasi pada siswa
Dipaparkan pula
bahwasanya dalam pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
dibagi kedalam beberapa bagian diantaranya; komputer sebagai media
pembelajaran, pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran, internet
sebagai media pembelajaran, pemanfaatan internet dalam pembelajaran dan e
- learning dalam kegiatan pembelajaran Selain pembelajaran berbasis
TIK dikenal pula pembelajaran berbasis Multimedia yaitukegiatan pembelajaran
yang memanfaatkan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio,
gambar bergerakdengan menggabungkan link dan tool yang
memungkinkan pemakai untuk melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan
berkomunikasi. Ada lima jenis media yang digunakan dalam pembelajaran :
a.
Media visual
b.
Media audio
c.
Media audio - visual
d.
Kelompok media penyaji
e.
Media objek dan media
interaktif berbasis komputer
Dalam dunia pendidikan,
Teknologi Informasi dan Komunikasi secara umum bertujuan agar siswa dapat
memahami alat Teknologi, Informasi dan komunikasi secara umum termasuk komputer
dan juga tentunya memahami informasi. Sehingga sangat perlu digalakkan media
pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi dunia pendidikan
Indonesia agar mampu mencetak generasi bangsa yang dapat bersaing dengan
generasi dari bangsa lain di berbagai belahan dunia.
Diposkan oleh:
Mardiatul Jannah
Pend. Ekonomi
1594041038
Tidak ada komentar:
Posting Komentar