Kamis, 31 Maret 2016

Kesimpulan Kewirausahaan "Bentuk Organisasi Usaha"

Dari pemaparan kelompok empat tentang materi “Bentuk Organisasi Usaha” dapat disimpulkan bahwa, manajemen merupakan alat untuk mencapai tujuan melalui orang lain. Manajemen juga diartikan sebagai proses dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Sedangkan organisasi merupakan tempat atau wadah mencapai tujuan  perusahaan atau tempat untuk melakukan kegiatan perusahaan. Organisasi juga diartikan berkumpulnya dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama pula.

Manajemen dan organisasi merupakan dua bagian yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. artinya manajemen merupakan bagian dari organisasi dan organisasi merupakan bagian dari manajemen. Manajemen merupakan alat untuk mencapai suatu tujuan sedangkan organisasi merupakan tempat untuk mencapai tujuan tersebut. Adapun fungsi-fungsi yang terdapat dalam manajemen adalah:
  1. Planning atau perencanaan
  2. Organizing atau pengorganisasian
  3. Actuating atau menggerakkan
  4. Controlling atau pengawasan
Selain itu, dijelaskan pula mengenai berbagai jenis organisasi yang ditinjau dari jumlah pimpinan puncak dan juga berdasarkan hubungan wewenangnya. Organisasi juga dibedakan atas dua bentuk struktur organisasi yaitu Organisasi garis/lini dan juga Organisasi Lini dan Staf.
Organisasi fungsional merupakan organisasi yang terdiri dari beberapa fungsi. Penyusunan organisasi ini didasarkan pada sifat dan macam-macam fungsi yang harus dilaksanakan. Adapun ciri-ciri organisasi fungsional adalah:
  1. Pembidangan tugas secara tegas dan jelas dapat dibedakan
  2. Spesialisasi para karyawan dapat dikembangkan dan digunakan secara optimal
  3. Bawahan akan menerima perintah dari beberapa orang atasan
  4. Koordinasi menyeluruh pada umumnya cukup pada level manajemen atas
  5. Koordinasi antara karyawan yang menjalankan fungsi yang sama biasanya mudah karena masing-masing sudah mempunyai pengertian mendalam mengenai bidangnya.
Dijelaskan pula mengenai pertimbangan penentu organisasi dimana penentu jenis organisasi yang akan dipilih harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Penentu organisasi yang tidak dengan pertimbangan matang akan berakibat fatal bagi perkembangan dan kemajuan perusahaan, adapun pertimbangan yang dapat dilakukan diantaranya:
  1. Tujuan dan bentuk badan usaha perusahaan
  2. Jumlah tenaga kerja
  3. Jumlah aktivitas
  4. Fleksibilitas
  5. Efisiensi
Itulah sedikit materi yang dapat saya simpulkan dari pemaparan yang dilakukan oleh kelompok tiga.

Diposkan oleh:
Mardiatul Jannah
Pend. Ekonomi/ B

1594041038

Tidak ada komentar:

Posting Komentar