Sabtu, 02 April 2016

Kesimpulan TIK “Pembelajaran Melalui Media Televisi/Video”

Dari pemaparan kelompok empat tentang materi “Pembelajaran Melalui Media Televisi/Video” dapat ditarik kesimpulan bahwasanya Televisi merupakan salah satu media massa yang sangat berpengaruh tehadap masyarakat. Munculnya media Televisi sebagai media elektronik memberi pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat saat ini. Televisi adalah merupakan media yang paling efektif untuk menyampaikan pesan pendidikan.

Media berasal dari Bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata “medium”yang secara harfiah berarti “perantara” yaitu perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver). Media pembelajaran merupakan suatu teknologi pembawa pesan yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran dan merupakan sarana fisik untuk menyampaikan materi pelajaran. Adapun dijelaskan tentang manfaat media pembelajaran diantaranya:
  1. Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa
  2. Materi pelajaran akan lebih jelas maknanya
  3. Matode pembelajaran akan lebih bervariasi
  4. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar.
Adapun ciri-ciri media pembelajaran adalah sebagai berikut :
  1.  Ciri fiksatif, artinya kemampuan media merekam, menyimpan suatu peristiwa atau objek.
  2.  Ciri manipulatif, artinya media pemeblajaran memerlurkan manipulasi agar objek lebih menarik,
  3. Ciri distributif ,artinya menstrasformasikan meteri tersebut kepada pada peserta didik.
Televisi berasal dari kata tele dan visie, tele artinya jauh dan visie artinya penglihatan, jadi televisi adalah penglihatan jarak jauh atau penyiaran gambar-gambar melalui gelombang radio. Televisi sebagai sarana penghubung yang dapat memancarkan rekaman dari stasiun pemancar televisi kepada para penonton atau pemirsanya di rumah, rekaman-rekaman tersebut dapat berupa pendidikan, berita, hiburan, dan lain-lain. Adapun fungsi media televisi yaitu:
  1. Fungsi Peneragan (The Information Function)
  2. Fungsi Pendidika (The Educational Function)
  3. Fungsi Hiburan (The Entertainment Function)
Dijelaskan pula mengenai kelebihan dan kekurangan media pembelajaran televisi. Adapun Kelebihannya yaitu, menampilkan audio-visual (suara dan gambar), menarik perhatian siswa, dapat diputar ulang, dapat digunakan dimana dan kapan saja. Selain itu Kekurangannya adalah yang pertama hanya mampu menyajikan komunikasi satu arah, Biaya operasionalnya terlalu mahal, Guru tidak memiliki kesempatan untuk merevisi program TV sebelum disiarkan dan juga program siaran tv diluar kontrol guru.

Selain televisi terdapat media pembelajaran lainnya seperti video. Video merupakan serangkain gambar gerak yang disertai suara yang membentuk satu kesatuan yang dirangkai menjadi sebuah alur, dengan pesan-pesan di dalamnya untuk ketercapain tujuan pembelajaran yang disimpan dengan proses penyimpanan pada media pita atau disk. Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan media pembelajaran video. Kelebihannya yaitu,  Memberi pesan yang dapat diterima secara lebih merata oleh siswa, Sangat bagus untuk menerangkan sutau proses, Mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, Lebih realitas, dapat diulang dan dihentikan sesuai kebutuhan, Memberikan kesan yang mendalam yang memengaruhi sikap siswa. Adapun kekurangannya yaitu, jangkauannya terbatas, sifat komunikasinya terbatas, gambarnya relatif kecil.

Itulah sedikit yang dapat saya simpulkan dari pemaparan materi yang dilakukan oleh kelompok empat. Sekian dan terima kasih!

Diposkan oleh:
Mardiatul Jannah
Pend. Ekonomi/B
1594041038





Tidak ada komentar:

Posting Komentar