Dari pemaparan kelompok empat tentang
materi “Pembelajaran Melalui Media Televisi/Video” dapat ditarik kesimpulan
bahwasanya Televisi merupakan salah satu media massa yang sangat berpengaruh
tehadap masyarakat. Munculnya media Televisi sebagai media elektronik memberi
pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat saat ini. Televisi adalah
merupakan media yang paling efektif untuk menyampaikan pesan pendidikan.
Media berasal dari Bahasa latin dan
merupakan bentuk jamak dari kata “medium”yang secara harfiah berarti “perantara” yaitu
perantara sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver). Media
pembelajaran merupakan suatu teknologi pembawa pesan yang dapat digunakan untuk
keperluan pembelajaran dan merupakan sarana fisik untuk menyampaikan materi
pelajaran. Adapun dijelaskan tentang manfaat media pembelajaran diantaranya:
- Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa
- Materi pelajaran akan lebih jelas maknanya
- Matode pembelajaran akan lebih bervariasi
- Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar.
Adapun ciri-ciri media pembelajaran
adalah sebagai berikut :
- Ciri fiksatif, artinya kemampuan media merekam, menyimpan suatu peristiwa atau objek.
- Ciri manipulatif, artinya media pemeblajaran memerlurkan manipulasi agar objek lebih menarik,
- Ciri distributif ,artinya menstrasformasikan meteri tersebut kepada pada peserta didik.
Televisi
berasal dari kata tele dan visie, tele artinya
jauh dan visie artinya penglihatan, jadi televisi adalah penglihatan
jarak jauh atau penyiaran gambar-gambar melalui gelombang radio. Televisi
sebagai sarana penghubung yang dapat memancarkan rekaman dari stasiun pemancar
televisi kepada para penonton atau pemirsanya di rumah, rekaman-rekaman
tersebut dapat berupa pendidikan, berita, hiburan, dan lain-lain. Adapun fungsi
media televisi yaitu:
- Fungsi Peneragan (The Information Function)
- Fungsi Pendidika (The Educational Function)
- Fungsi Hiburan (The Entertainment Function)
Dijelaskan
pula mengenai kelebihan dan kekurangan media pembelajaran televisi. Adapun Kelebihannya
yaitu, menampilkan audio-visual (suara dan gambar), menarik perhatian siswa, dapat
diputar ulang, dapat digunakan dimana dan kapan saja. Selain itu Kekurangannya
adalah yang pertama hanya mampu menyajikan komunikasi satu arah, Biaya
operasionalnya terlalu mahal, Guru tidak memiliki kesempatan untuk merevisi
program TV sebelum disiarkan dan juga program siaran tv diluar kontrol guru.
Selain televisi terdapat media
pembelajaran lainnya seperti video. Video merupakan serangkain gambar gerak
yang disertai suara yang membentuk satu kesatuan yang dirangkai menjadi sebuah
alur, dengan pesan-pesan di dalamnya untuk ketercapain tujuan pembelajaran yang
disimpan dengan proses penyimpanan pada media pita atau disk. Adapun beberapa
kelebihan dan kekurangan media pembelajaran video. Kelebihannya yaitu, Memberi pesan yang dapat diterima secara lebih
merata oleh siswa, Sangat bagus untuk menerangkan sutau proses, Mengatasi
keterbatasan ruang dan waktu, Lebih realitas, dapat diulang dan dihentikan
sesuai kebutuhan, Memberikan kesan yang mendalam yang memengaruhi sikap siswa. Adapun
kekurangannya yaitu, jangkauannya terbatas, sifat komunikasinya terbatas, gambarnya
relatif kecil.
Itulah sedikit yang dapat saya
simpulkan dari pemaparan materi yang dilakukan oleh kelompok empat. Sekian dan
terima kasih!
Diposkan oleh:
Mardiatul Jannah
Pend. Ekonomi/B
1594041038
Tidak ada komentar:
Posting Komentar