Sabtu, 09 April 2016

Kesimpulan Kewirausahaan "Cara Memperoleh Modal"

 Dari pemaparan kelompok enam tentang materi “Cara Memperoleh Modal” dapat disimpulkan sebuah perusahaan untuk menjalankan usahanya pasti membutuhkan sebuah modal. Modal adalah sesuatu yang diperlukan untuk membiayai operasi perusahaan mulai dari berdiri sampai beroperasi. Modal tidak hanya yang berupa materi tapi juga modal tenaga kerja atau keahlian.

Kebutuhan modal untuk melakukan usaha terdiri dari dua macam yaitu:

1.      Modal Investasi
Modal investasi digunakan untuk jangka panjang dan berulang-ulang dan biasanya umurnya lebih dari satu tahun. Penggunaan modal investasi untuk jangka pangjang digunakan untuk membeli aktiva tetap, seperti tanah, bangunan, mesin-mesin, peralatan, kendaraan, serta inventaris lainnya.
2.      Modal Kerja
Modal kerja digunakan untuk jangka pendek dan beberapa kali pakai dalam satu proses prosuksi. Jangka waktu modal kerja biasanya tidak lebih dari satu tahun. Modal kerja, yaitu modal yang digunakan untuk membiayai operasional perusahaan pada saat perusahaan sedang beroprasi.

Modal dari sumber asalnya dapat diuraikan sebagai berikut :
1.      Modal sendiri adalah modal yang diperoleh dari pemilik perusahaan. Modal ini terdiri dari: Setoran modal,  cadangan laba,  laba yang belum dibagi, modal sumbangan dan hibah. Kelebihan modal sendiri adalah:Tidak ada biaya, Tidak tergantung pada pihak lain, Tidak memerlukan persyaratan yang rumit, Tidak ada keharusan pengembalian modal. Adapun kekurangannya adalah, Jumlahnya terbatas, Perolehan modal sendiri dalam jumlah tertentu sulit, Kurang motivasi pemilik
2.      Modal asing atau modal pinjaman merupakan modal yang berasal dari pihak luar perusahaan. Modal ini terdiri dari: Pinjaman dari dunia perbankan, Pinjaman dari lembaga keuangan lainnya dan Pinjaman dari perusahaan nonkeuangan.Kelebihan adalah,  Jumlahnya tidak terbatas, Motivasi usaha tinggi. Sedangkan kelemahannya,Dikenakan berbagai biaya, Harus dikembalikan, Beban moral.

Diposkan oleh:
Mardiatul Jannah
Pend. Ekonomi/B
1594041038

Tidak ada komentar:

Posting Komentar