Minggu, 17 April 2016

Kesimpulan TIK "Konsep Multimedia"

Dari pemaparan materi kelompok tujuh tentang onsep Multimedia” kita dapat menarik kesimpulan bahwasanya, Multimedia adalah media presentasi dengan menggunakan teks, audio dan visual sekaligus. Multimedia presentasi digunakan untuk mennjelaskan materi-materi yang sifatnya teoritis, digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak diatas 50 orang. Media ini cukup efektif sebab menggunakan multimedia projector yang memiliki jangkuan pancar cukup besar. Kelebihan media ini adalah menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, image, grafik dan sound menjadi satu kesatuan penyajian, sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas belajar siswa. Program aplikasi presentasi merupakan paket dari program komputer yang digunakan untuk membantu penggunaannya dalam mengolah bahan presentasi. Beberapa program aplikasi presentasi diantaranya yaitu :

1.   Corel Presentation
            Corel Presentation merupakan aplikasi komersial seperti Microsoft Office. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang lumayan lengkap dan interface yang mudah. Fitur tersebut seperti koleksi foto dan gambar yang cukup banyak, font beragam dan harganya lebih murah dari Microsoft Office.
2.   Kpresenter
            Kpresenter adalah program presentasi yang merupakan bagian dari  KOffice, paket aplikasi office terintegrasi untuk desktop KDE. Format native Kpresenter adalah XML, dikompresi dengan zip. Kpresenter juga dapat mengimpor presentasi dari Microsoft Power Point, Magicpoint, dan OpenOffice, org Impress,
3.   Ooo Impress
            Openoffice.Org Impress dikenal dengan sebutan IMPRESS, adalah perangkat lunak untuk membuat presentasi multimedia dari media interaktif.
4.   Microsoft Office PowerPoint
            Microsoft Power Point merupakan sebuah perangkat lunak dari program aplikasi untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Program aplikasi presentasi ini merupakan program yang paling popular dan paling banyak digunakan saat ini oleh kalangan perkantoran, para pendidik, para peserta didik, dan masyarakat umum untuk berbagai kepentingan presentasi, baik pembelajaran, presentasi produk, meeting, seminar, lokakarya, dan sebagainya.
      A.    PowerPoint sebagai Media Presentasi
PowerPoint dapat digunakan melalui beberapa tipe penggunaan, diantaranya :
1.   Personal Presentation : pada umumnya power point digunakan untuk presenatsi dalam kelas klasikal learning. Seperti kuliah, training, seminar, workshop dan lain-lain. Pada penyajian ini power point sebagai alat bantu bagi instruktur/guru untuk presentasi menyampaikan materi dengan bantuan media Powerpoint.
2.   Stand Alone : pada pola penyajian ini power point dapat khusus untuk pembelajaran individual yang bersifat interaktif, meskipun kadar interaktifnya tidak terlalu tinggi namun power point mampu menampilkan feedback yang sudah deprogram.
3.   Web Based : pada pola ini power point dapat diformat menjadi file web (html) sehingga program yang muncul berupa browser yang dapat menampilkan internet.
      B.    Teknik Pengembangan Multimedia Presentasi
Membuat program presentasi multimedia dengan power point dapat dilakukan dengan prosedur pembuatan seperti dibawah ini :
1.   Identifikasi program, dimaksudkan untuk melihat kesesuaian antara program yang dibuat dengan materi dan sasaran (peserta didik).
2.   Mengumpulkan bahan pendukung sesuai dengan kebutuhan materi dan sasaran seperti video, gambar, animasi dan suara. Bersamaan dengan itu, dilakukan juga penyusunan materi yang diambil dari bahan utama. Materi untuk power point dikemas menjadi uraian pendek, pokok-pokok pembahasan atau pointer-pointer.
3.   Setelah bahan terkumpul dan materi sudah dirangkum, selanjutnya proses pengerjaan di power point hingga selesai. Setelah itu, dapat mengubah hasil akhir presentasi apakah dalam bentuk slide show, web pages, atau executable file (exe).
4.   Setelah presentasi selesai dibuat dan tidak langsung digunakan, sebaiknya dilakukan review program dari sisi bahasa, teks, tata letak, dan kebenaran konsep, selanjutnya direvisi dan siap digunakan untuk dipresentasikan.

 Diposkan oleh:
Mardiatul Jannah
Pend. Ekonomi/B
1594041038





Tidak ada komentar:

Posting Komentar