Jumat, 22 April 2016

Kesimpulan Kewirausahaan " Mengelola Sumber Daya Manusia"

               Adapun yang dapat disimpulkan dari pemaparan materi kelompok 10 mengenai “Mengelola Sumber Daya Manusia” diantaranya:
·        Manajemen Sumber Daya Manusia adalah bagaimana perusahaan mengelola sumber daya manusia yang dimiliki mulai masuk bekerja sampai keluar dari perusahaan.
·        Perencanaan tenaga kerja  diperlukan perusahaan karena beberapa pertimbangan, seperti :
1.          Untuk memenuhi kebutuhan karyawan baru karena ada pembukaan cabang baru atau pendirian usaha baru.
2.          Adanya karyawan yang keluar karena pensiun atau keluar sendiri atau dikeluarkan perusahaan.
3.          Pertimbanga lainnya.

·        Pengadaan tenaga kerja merupakan upaya untuk memperoleh jumlah dan jenis tenaga kerja yang tepat untuk memenuhi kebutuhan organisasi dalam upaya mencapai tujuan yang telah ditentukan.
·        Bagi pelamar yang lulus seleksi, tetapi belum memilik pengalaman kerja, sebelum ditempatkan perlu terlebih dahulu diberikan pelatihan. Tujuannya untuk membiasakn mereka bekerja dalam lingkungan perusahaan. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan , keahlian mereka bertambah atau meningkat sehingga mereka siap untuk dipekerjakan.
·        Kompensasi merupakan semua imbalanyang diterima karyawan sebagai balas jasa untuk kerja mereka. Pada umumnya balas jasa terdiri dari ; upah atau gaji, tunjangan perumahan, kesehatan, hari tua, insentif dan premi.
·        Perencanaan karier adalah perjalanan kerja seseorang selam berada di perusahaan. Karyawan dapat merencanakan kariernya sejak mulai bekerja sampai berhenti bekerja.
·        Pihak manajemen harus terus berupaya memelihara  karyawannya dengan berbagai upaya nyata agar mereka  tetap betah dan merasa dihargai dalam organisasi. Hal itu dapat dilakukan dengan melakukan pembinaan bagi karyawan yang tidak disiplin melalui saluran komunikasi yang efektif. Juga perlu diperhatikan masalah keselamatan dan kesehatan kerja mereka.
·        Pemutusan hubungan kerja merupakan kebijakan perusahaan untuk memberhentikan seorang karyawan. Pemutusan hubungan kerja bisa disebabkan oleh berbagai alasan atau sebab antara lain :
1.          Memasuki masa pensiun
2.          Permintaan pengunduran diri
3.          Pemecatan karena melakukan kesalahan
4.          Pensiun diri
5.          Meninggal dunia.


Diposkan oleh:
Mardiatul Jannah
Pend. Ekonomi/B
1594041038

Tidak ada komentar:

Posting Komentar