Jumat, 22 April 2016

Kesimpulan TIK " Teknologi dan Jaringan"

Dari pemaparan materi oleh kelompok delapan tentang materi “ Teknologi dan Jaringan Komputer” maka adapun kesimpulan yang dapat kita ambil diantarnya:
·          Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/ software yang terhubung dengan jaringan.
·        Manfaat Jaringan Komputer
1.      Jaringan Untuk Perusahaan/ Organisasi. Dalam membangun jaringan computer di perusahaan/Organisasi, ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dalam hal-hal:
a.    Resource Sharing
b.    Reliabilitas Tinggi
c.    Lebih Ekonomis
d.    Skalabilitas

e.    Media Komunikasi
2.      Jaringan Untuk Umum. Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada perorangan di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan pada perusahaan. Terdapat tiga hal pokok yang menjadi daya tarik jaringan computer pada perorangan yaitu: Acces ke informasi yang berada di tempat yang jauh, komunikasi orang ke orang, dan hiburan interaktif.
3.      Masalah Sosial Jaringan.Penggunaan jaringan oleh masyarakat luas akan menyebabkan masalah-masalah sosial, etika, dan politik. Penggunaan internet tidak akan menimbulkan masalah selama subjeknya terbatas pada topik teknis, pendidikan atau hobi, hal-hal dalam batas norma kehidupan.
·          Macam Jaringan Komputer
a.      Local Area Network (LAN) merupakan jaringan komputer dengan ruang lingkup terbatas (area lokal). Tipe jaringan ini banyak dipakai pada gedung perkantoran, warnet, Lab komputer sekolah, rental komputer,dsb
b.      Metropolitan Area Network (MAN) merupakan jaringan komputer dengan ruang lingkup yang cukup jauh. Tipe inidigunakan untuk membangun jaringan komputer antar gedung, dalam satu kota, atau antar kota yang berada pada jangkauannya. Jaringan in biasanya digunakan oleh perusahaanperusahaan besar seperti perbankan, BUMN, dll.
c.      Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan yang terbesar karena mencakup radius antar negara bahkan benua tanpa batasan geografis seperti jaringan lain. Dalam beberapa hal, WAN dapat dikatakan Internet
d.      Jaringan Tanpa Kabel. Komputer mobile seperti computer notebook dan personal digital assistant (PDA), merupakan cabang industri computer yang paling cepat pertumbuhannya. Jaringan tanpa kabel mempunyai berbagai manfaat,, yang telah umum dikenal adalah kantor portable.
·          Topologi Jaringan Komputer
a.      Topologi Bus, merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung pada kabel khusus (bus), dimana salah satu komputer berperan sebagai server
b.      Topologi Bintang, merupakan sekumpulan komputer yang dihubungkan dengan komputer yang berada pada pusat konfigurasi yang berbentuk bintang yang berperan sebagai pengontrol komunikasi dan memberikan layanan bagi komputer lain
c.      Topologi Cincin, merupakan topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung kedua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.  
d.      Topologi Mesh, merupakan suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan.
e.      Topologi Pohon, merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung dan membentuk konfigurasi pohon biasanya digunakan untuk interkoneksi antarsentral dengan hierarki yang bebeda.
f.       Topologi Linear, merupakan layout umum dimana satu kabel utama menghubungkan tiap titik koneksi (computer) yang dihubungkan dengan konektor yang disebut dengan T Connector dan pada ujungnya harus diakhiri dengan sebuah terminator.
·          Istilah basis data mengacu pada koleksi dari data-data yang saling  berhubugan, dan perangkat lunaknya seharusnya mengacu sebagai sistem manajemen basis data. Jika konteksnya sudah jelas, banyak administrator dan programmer menggunakan istilah basis data untuk kedua arti tersebut.
·          Software Basis Data diantaranya:
1.      Microsoft SQL  Server
2.      Oracle Corporation
3.      Firebird
4.      MySQL
5.      Microsoft Access

Diposkan oleh: 
Mardiatul Jannah
Pend. Ekonomi/B
1594041038

Tidak ada komentar:

Posting Komentar