Minggu, 08 Mei 2016

Kesimpulan Kewirausahaan "Pasar dan Pemasaran"

Dari pemaparan kelompok 11 tentang materi kewirausahaan yang berjudulu “Pasar dan Pemasaran” maka dapat disimpulkan bahwasanya, Pasar adalah tempat bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Pasar memiliki tempat atau lokasi tertentu sehingga memungkinkan pembeli dan penjual bertemu. Sedangkan adapun dijelaskan oleh Philip Kotler tentang pengertian pemasaran adalah suatu proses dan manjerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.

                Adapun dijelasakan pula mengenai pengertian permintaan dan penawaran dan juga faktor yang dapat mempengaruhi aspek tersebut. Permintaan adalah keinginan yang didukung oleh daya beli dan akses untuk membeli atau dapat juga diartikan sebagai jumlah barang dan jasa yang diminta konsumen pada berbagai tingkat harga dan waktu tertentu. Sedangkan penawaran adalah jumlah barang dan jas ayang ditawarkan oleh produse dalam tingkat harga dan waktu tertentu.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan suatu barang dan jasa, yaitu:
  1. Harga barang itu sendiri
  2. Harga barang lain yang memiliki hubungan
  3. Pendapatan
  4. Selera
  5. Jumlah penduduk
  6. Faktor khusus

Adapun faktor yang mempengaruhi jumlah penawaran barang dan jasa diantaranya:
  1. Harga barang itu sendiri
  2. Harga barang lain yang berhubungan
  3. Teknologi yang digunakan
  4. Harga input
  5. Tujuan perusahaan
  6. Faktor khusus (akses)
Segmentasi  pasar adalah membagi-bagi pasar menjadi bebrapa kelompok pembeli berbeda yang mungkin memerlukan produk atau jasa yang berbeda pula. Menurut Philp Kotler, variabel utama untuk melakukan segmentasi pasar konsumen diantaranya:
1.       Segmentasi berdasarkan geografik
2.       Segmentasi berdasarkan demografik
3.       Segmentasi berdasarkan psikografik
4.       Segmentasi berdasarkan perilaku
Variabel utama untuk melakukan segmentasi pasar industrial diantaranya:
  1. Segmentasi berdasarkan demografik
  2. Karakteristik pengoperasian
  3. Pendekatan pembeli
  4. Karakteristik personal industri
  5. Faktor situasional
Setelah segmentasi pasar selesai dilakukan, dilanjutkan dengan menetapkan pasar sasaran dengan mengevaluasi keaktifan segmen kemudian memilih salah satu dari segmen tersebut lebih untuk dilayani. Kegiatan menetapkan pasar sasaran meliputi beberapa hal sebagai berikut.
1.       Evaluasi segmen pasar
2.       Memilih segmen
Penentuan posisi pasar dapat dilakukan berdasarkan:
·         Atribut
·         Kesempatan penggunaan
·         Kelas pengguna
·         Langsung menghadapi pesaing
·         Kelas produk

Diposkan oleh
Mardiatul Jannah
1594041038
Pendidikan Ekonomi/B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar