Dari pemaparan kelompok 11
tentang materi kewirausahaan yang berjudulu “Pasar dan Pemasaran” maka dapat
disimpulkan bahwasanya, Pasar adalah tempat bertemunya para penjual dan pembeli
untuk melakukan transaksi. Pasar memiliki tempat atau lokasi tertentu sehingga
memungkinkan pembeli dan penjual bertemu. Sedangkan adapun dijelaskan oleh
Philip Kotler tentang pengertian pemasaran adalah suatu proses dan manjerial
dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan
inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan
pihak lain.
Adapun dijelasakan
pula mengenai pengertian permintaan dan penawaran dan juga faktor yang dapat
mempengaruhi aspek tersebut. Permintaan adalah keinginan yang didukung oleh
daya beli dan akses untuk membeli atau dapat juga diartikan sebagai jumlah
barang dan jasa yang diminta konsumen pada berbagai tingkat harga dan waktu
tertentu. Sedangkan penawaran adalah jumlah barang dan jas ayang ditawarkan
oleh produse dalam tingkat harga dan waktu tertentu.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan suatu
barang dan jasa, yaitu:
- Harga barang itu sendiri
- Harga barang lain yang memiliki hubungan
- Pendapatan
- Selera
- Jumlah penduduk
- Faktor khusus
Adapun faktor yang mempengaruhi jumlah penawaran barang dan
jasa diantaranya:
- Harga barang itu sendiri
- Harga barang lain yang berhubungan
- Teknologi yang digunakan
- Harga input
- Tujuan perusahaan
- Faktor khusus (akses)
Segmentasi pasar adalah membagi-bagi pasar menjadi
bebrapa kelompok pembeli berbeda yang mungkin memerlukan produk atau jasa yang
berbeda pula. Menurut Philp Kotler, variabel utama untuk melakukan segmentasi
pasar konsumen diantaranya:
1.
Segmentasi berdasarkan geografik
2.
Segmentasi berdasarkan demografik
3.
Segmentasi berdasarkan psikografik
4.
Segmentasi berdasarkan perilaku
Variabel utama untuk melakukan segmentasi pasar industrial
diantaranya:
- Segmentasi berdasarkan demografik
- Karakteristik pengoperasian
- Pendekatan pembeli
- Karakteristik personal industri
- Faktor situasional
Setelah segmentasi pasar selesai
dilakukan, dilanjutkan dengan menetapkan pasar sasaran dengan mengevaluasi
keaktifan segmen kemudian memilih salah satu dari segmen tersebut lebih untuk
dilayani. Kegiatan menetapkan pasar sasaran meliputi beberapa hal sebagai
berikut.
1. Evaluasi segmen pasar
2. Memilih segmen
1. Evaluasi segmen pasar
2. Memilih segmen
Penentuan posisi pasar dapat dilakukan berdasarkan:
· Atribut
· Kesempatan penggunaan
· Kelas pengguna
· Langsung menghadapi pesaing
· Kelas produk
· Atribut
· Kesempatan penggunaan
· Kelas pengguna
· Langsung menghadapi pesaing
· Kelas produk
Diposkan oleh
Mardiatul Jannah
1594041038
Pendidikan Ekonomi/B
Tidak ada komentar:
Posting Komentar