Selasa, 10 Mei 2016

Kesimpulan Kewirausahaan “ Analisis Pesaing”

Dari pemaparan kelompok 16 tentang materi kewirausahaan yang berjudul “ Analisis Pesaing” maka dapat disimpulkan bahwasanya, Pengusaha yang berhasil adalah mereka yang pandai menyesuaikan diri dengan perubahan. Penyesuaian dengan perubahan kondisi konsumen dan persaingan akan memudahkan pengusaha untuk meyusun strategi memenangkan persaingan dalam memperebutkan konsumen.
Pesaing adalah perusahaan yang menghasilkan atau menjual barang atau jasa yang sama atau mirip dengan produk yang kita tawarkan. Pesaing suatu perusahaan dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu pesaing yang kuat dan pesaing yang lemah.
Hal-hal yang perlu diketahui dari pesaing adalah :

  1. Kelengkapan produk
  2. Mutu. Desain, dan bentuk produk
  3. Harga yang ditawarkan
  4. Saluran distribusi atau lokasi cabang yang dimiliki
  5. Promosi yang dijalankan
  6. Rencana kegiatan pesaing ke depan
Untuk memantau kegiatan pemasaran pesaing ini, kita mengenal istilah analisis pesaing. Kegiatan ini meliputi :
  1. Mengidentifikasi pesaing
  2. Menetukan sasaran pesaing
  3. Identifikasi strategi pesaing
  4.  Analisi kekuatan dan kelemahan pesaing
  5. Menentukan sasaran pesaing
  6. Identifikasi reaksi pesaing
  7. Strategi menghadi pesaing
      A.      Identifikasi pesaing
Identifikasi pesaing meliputi :
  1. Jenis produk yang ditawarkan
  2. Melihat besarnya pasar yang dikuasai pdsaing
  3. Identifikasi peluang dan ancaman
  4. Identifikasi keunggulan dan kelemahan
      B.      Menentukan Sasaran Pesaing
Jika sasaran mereka untuk memaksimalkan laba, kita perlu mengetahui laba jangka pendek atau laba jangka panjang dan apa tindakan yang mereka ambil. Jika sasaran untuk memperbesar pasar, kita perlu mengetaui apakah pertumbuhan market share yang dimilki cukup besar.

      C.      Identifikasi Strategi Pesaing
Secara umum strategi-strategi tesebut, diantaranya :
  1. Strategi menyerang pesaing yang lemah lebih dahulu
  2. Pesaing langsung menyerang lawan yang kuat
  3. Strategi gerilya
  4. Strategi bertahan
      D.     Analisi Kekuatan dan Kelemahan Pesaing
Identifikasi kelemahan dan kekuatan dapat dilakukan melalui tahap-tahap sebagai berikut :

  1. Mencari dan mengumpulkan data tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan sasaran, strategi, dan kinerja pesaing
  2. Mencari tahu kekuatan pesaing dalam hal keuangan, SDM, teknologi, serta lobi di pasar
  3. Mengetahui market share
  4. Mencari kelemahan pesaing

      E.      Strategi Menghadapi Pesaing
Strategi untuk menghadi pesaing dapat ddilakukan untuk posisi-posisi sebagai berikut :
  1. Strategi Pimpinan Pasar (Market Leader)
  2. Strategi Penantang Pasar (Market Challenger)
  3. Strategi Pengikut Pasar (Market Follower)
  4. Strategi Relung Pasar (Market Nicher)
Strategi penyerangan yang dapat dilakukan terhadap pesaing ada lima cara, yaitu :
  1. Serangan frontal
  2. Serangan samping
  3. Serangan pengepuran
  4. Serangan melambunh
  5. Serangan gerilya
Adapun perlindungan diri dalam bentuk pertahanan yang dapat digunakan  paling tidak ada empat cara, yaitu :
  1. Pertahanan fontal
  2. Pertahanan samping
  3. Pertahanan menyerang lebih dahulu
  4. Pertahanan menyerang balik
      Diposkan Oleh:
      Mardiatul Jannah
      1594041038
      Pend. Ekonomi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar