Dari
pemaparan kelompok 16 tentang materi kewirausahaan yang berjudul “ Analisis
Pesaing” maka dapat disimpulkan bahwasanya, Pengusaha yang berhasil adalah
mereka yang pandai menyesuaikan diri dengan perubahan. Penyesuaian dengan
perubahan kondisi konsumen dan persaingan akan memudahkan pengusaha untuk
meyusun strategi memenangkan persaingan dalam memperebutkan konsumen.
Pesaing
adalah perusahaan yang menghasilkan atau menjual barang atau jasa yang sama
atau mirip dengan produk yang kita tawarkan. Pesaing suatu perusahaan dapat
dikategorikan menjadi dua, yaitu pesaing yang kuat dan pesaing yang lemah.
Hal-hal
yang perlu diketahui dari pesaing adalah :
- Kelengkapan produk
- Mutu. Desain, dan bentuk produk
- Harga yang ditawarkan
- Saluran distribusi atau lokasi
cabang yang dimiliki
- Promosi yang dijalankan
- Rencana kegiatan pesaing ke
depan
Untuk
memantau kegiatan pemasaran pesaing ini, kita mengenal istilah analisis
pesaing. Kegiatan ini meliputi :
- Mengidentifikasi pesaing
- Menetukan sasaran pesaing
- Identifikasi strategi pesaing
- Analisi kekuatan dan
kelemahan pesaing
- Menentukan sasaran pesaing
- Identifikasi reaksi pesaing
- Strategi menghadi pesaing
A. Identifikasi
pesaing
Identifikasi
pesaing meliputi :
- Jenis produk yang ditawarkan
- Melihat besarnya pasar yang
dikuasai pdsaing
- Identifikasi peluang dan
ancaman
- Identifikasi keunggulan dan
kelemahan
B. Menentukan
Sasaran Pesaing
Jika
sasaran mereka untuk memaksimalkan laba, kita perlu mengetahui laba jangka
pendek atau laba jangka panjang dan apa tindakan yang mereka ambil. Jika
sasaran untuk memperbesar pasar, kita perlu mengetaui apakah pertumbuhan market
share yang dimilki cukup besar.
C. Identifikasi
Strategi Pesaing
Secara
umum strategi-strategi tesebut, diantaranya :
- Strategi menyerang pesaing yang
lemah lebih dahulu
- Pesaing langsung menyerang
lawan yang kuat
- Strategi gerilya
- Strategi bertahan
D. Analisi
Kekuatan dan Kelemahan Pesaing
Identifikasi
kelemahan dan kekuatan dapat dilakukan melalui tahap-tahap sebagai berikut :
- Mencari dan mengumpulkan data tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan sasaran, strategi, dan kinerja pesaing
- Mencari tahu kekuatan pesaing dalam hal keuangan, SDM, teknologi, serta lobi di pasar
- Mengetahui market share
- Mencari kelemahan pesaing
E. Strategi
Menghadapi Pesaing
Strategi
untuk menghadi pesaing dapat ddilakukan untuk posisi-posisi sebagai berikut :
- Strategi Pimpinan Pasar (Market
Leader)
- Strategi Penantang Pasar (Market
Challenger)
- Strategi Pengikut Pasar (Market
Follower)
- Strategi Relung Pasar (Market
Nicher)
Strategi
penyerangan yang dapat dilakukan terhadap pesaing ada lima cara, yaitu :
- Serangan frontal
- Serangan samping
- Serangan pengepuran
- Serangan melambunh
- Serangan gerilya
Adapun
perlindungan diri dalam bentuk pertahanan yang dapat digunakan paling
tidak ada empat cara, yaitu :
- Pertahanan fontal
- Pertahanan samping
- Pertahanan menyerang lebih
dahulu
- Pertahanan menyerang balik
Diposkan Oleh:
Mardiatul Jannah
1594041038
Pend. Ekonomi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar