Selasa, 10 Mei 2016

Kesimpulan TIK "Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Guru an Siswa"

Adapun yang dapat saya simpulkan dari pemaparan kelompok sepuluh tentang materi TIK yang berjudul Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Guru an Siswa diantaranya adalah sebagai berikut. 
A.      Konsep Komunikasi di Dunia Maya
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari pemberi pesan kepada penerima pesan sehingga terjadi kesamaan pengertian atas pesan. Dalam pengertian ini bias kita pahami bahwa :
  1. Dalam proses komonikasi selalu melibatkan dua pihak atau lebih, pemberi pesan dan penerima pesan
  2. Adanya pesan yang disampaikan, pesan itu sendiri bias dalam beragam bentuk; kata, gambar, teks, symbol, dsb.
B.      Manfaat komunikasi Virtual
Ada sejumlah manfaat atau keuntungan berkomunikasi yang dilakukun secara virtual,diantaranya yaitu;
  1. Cepat, komunikasi atau pertukaran  informasi bias dilakukan dengan cepat.
  2.  Mudah, apabila sudah menguasai teknis operasional computer dan fasilitas pendukung yang dibutuhkan, proses komunikasi bias dilakukan dengan mudah.
  3. Komunikasi virtual bias dilakukan secara real time juga un real time.
  4. Bias individual atau grup
  5. Jumlah dan jenis pesan bias besar dan beragam.
C.      Jenis jenis komunikasi di dunia maya
Berikut ini akan disajikan 4 jenis komunikasi didunia maya yang bisa dilakukan, yaitu;
1.           E-mail
2.           Milis
3.           Chatting
4.           Facebook
D.      Model penggunaan TIK dalam pendidikan
1.           ICT sebagai media pendidikan. Artinya hanya sebagai pelengkap untuk memperjelas uraian-uraian yang disampaikan guru.
2.           ICT sebagai sumber. ICT digunakan sebagai sumber informasi.
3.           ICT sebagai system pembelajaran. ICT dirancang sedemikian rupa sebagai suatu sisitem pembelajaran yang terintegrasi.
E.       Kemampuan yang dituntut bagi penyelanggara pendidikan berbasis TIK
  1. Tuntutan kelembagaan. Artinya jika lembaga pendidikan sekolah ingin sukses menyelenggarakan pendidikan berbasis web maka harus ada kebijakan yang memihak, kerja sama, dan komitmen antar unit kerja yang terlibat.
  2. Tuntutan kemampuan pengelolaan. Artinya mampu melaksanakan tugas-tugas manajerial yang baik, mampu mengoordinasikan tim dalam mendesain, mengembangkan, menerapkan, mengevaluasi, dan memelihara program.
  3. Tuntutan kemampuan guru. Artinya seorang guru harus selalu bersifat positif, memahami potensi, mengelolah, menggunakan IT, serta mengetahui kemampuan teknis harus dimiliki oleh seorang guru. Pendekatan instruksional adalah pendekatan yang mengajukan beberapa metode pembelajaran untuk membentuk kemampuan calon guru dalam menggunakan pendidikan berbasis web dan teknologi lainnya di LPTK, yaitu technology classroom, modeling, observing/participating in technology setting, learning technology skill, dan reflective practices.
F.       Pendidikan instruksional yang bisa diterapkan untuk melaksanakan pendidikan berbasis TIK
Dalam hal pendekatan instruksional, Lowther, et.al. mengajukan beberapa metode pembelajaran untuk membentuk kemampuan calon guru dalam menggunakan pendidikan berbasis web dan teknologi lainnya di LPTK.

Diposkan Oleh:
Mardiatul Jannah
1594041038
Pend.Ekonomi/B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar