Selasa, 10 Mei 2016

Kesimpuan TIK “Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Penilaian Pembelajaran”

Dari pemaparan kelompok 12 TIK yang membahas tentang materi  “Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Penilaian Pembelajaran” maka dapat disimpulkan bahwa, Penilaian adalah proses sistematis pengumpulan, pengolahan, dan pengambilan keputusan atas data tentang suatu objek untuk selanjutnya dipertimbangkan pemberian nilai atas objek tersebut berdasarkan pada suatu kriteria tertentu. Penilaian tidak bisa dilakukan tanpa adanya sejumlah data yang lengkap inilah kita bia mengamati dan mengenali objek dengan baik, sehingga pada tahapan selanjutnya kita punya gambaran untuk memberikan pertimbangan nilai. Pemberian nilai itu sendiri, tidak dilakukan secara serampangan tanpa adanya kriteria yang jelas.

Ada sejumlah sisi positif atau kelebihan yang dimilki apabila dalam pengolahan data angka menggunakan alat bantu komuter, dengan program aplikasi Microsoft Excel, diantaranya :
  1. Pengolahan dan analisis data angka akan lebih akuarat dibanding seecara manual
  2. Dilakukan dengan data digital
  3. Penyebarluasan hasil-hasil penilaian bisa dilakukan secara online
A.                 Pengenalan Software Microsoft Excel untuk Penilaian Hasil Pembelajaran
            Microsft excel merupakan salah satu program aplikasi yang ada pada Microsoft Office, yaitu program aplikasi yang ada pada Program lainnya yang ada pada program kepentingan perkantoran. Program lain yang ada pada MS Office selain excel yaitu power point, acces, dan editor.
            Fungsi dari program Microsoft Excel adalah untuk membuat dan menglolah dokumen berupa angka, yang kemungkinan untuk menggunakan operasi logika matematika dan statistika.
Microsoft Excel secara garis besar akan mencakup empat hal utama, yaitu : membuka program MS. Excel, membuat dokumen dalam MS. Excel. Dan input pengolahan data
            Merangking data artinya menentukan nilai rata-rata mana yang terbaik dari sejumlah nilai rata-rata yang ada. Rangking ini sangat penting untuk menetukan data mana yang menempati urutan teratas, untuk keperluan seleksi atau menentukan suatu proritas tertentu berdasarkan peringkat.

Diposkan Oleh:
Mardiatul Jannah
1594041038
Pend. Ekonomi/ B


Tidak ada komentar:

Posting Komentar