Dari pemaparan kelompok lima tentang materi “Blanded
Learning Dalam Pembelajaran” dapat ditarik kesimpulan. Perkembangan
kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini berlangsung demikian
pesat, sehingga pantaslah para ahli menyebut gejala ini sebagai suatu revolusi.
Perubahan-perubahab yang akan dan sedang terjadi, terutama disebabkan oleh
potensi dan kemampuan teknologi informasi dan komunikasi yang memungkinkan
manusia untuk saling berhubungan (relationship) dan memenuhi kebutuhan
mereka akan informasi hampir tanpa batas. Beberapa batasan yang dulu dialami
manusia dalam berhubungan satu sama lainnya, seperti faktor jarak, waktu,
jumlah, kapasitas, kecepatan dan lain-lain, kini dapat diatasi dengan
dikembangkannya berbagai teknologi informasi dan komunikasi mutakhir.
Secara etimologi istilah blended learning terdiri
dari dua kata blended dan learning. Kata blend berarti “campuran,
bersama untuk meningkatkan kualitas agar bertambah baik” atau formula suatu
penyelarasan kombinasi atau perpaduan. Sedangkan learning memiliki makna
umum yakni belajar, dengan demikian sepintas mengandung makna pola pembelajaran
yang mengandung unsur percampuran, atau penggabungan antara satu pola dengan
pola lainnya. Elenena Mosa (2006) menyampaikan bahwa yang dicampurkan adalah
dua unsur utama, yakni pembelajaran di kelas (classroom lesson) dengan online
learning.
Karakteristik Blended Blended –Learning, adalah:
- Ketetapan sumber suplemen untuk program belajar yang berhubungan selama garis tradisional sebagian besar, melalui institusional pendukung lingkungan belajar virtual.
- Transformatif tingkat praktik pembelajaran didukung oleh rancangan pembelajaran sampai mendalam.
- Pandangan menyeluruh tentang teknologi untuk mendukung pembelajaran.
Berdasarkan penjelasan diatas, karakteristik Blended
Blended e-Learning adalah sumber suplemen, dengan pendekatan tradisional
juga mendukung lingkungan belajar virtual melalui suatu lembaga, rancangan
pembelajaran yang mendalam pada saat perubahan tingkatan praktik pembelajaran
dan pandangan tentang semua teknologi digunakan untuk mendukung pembelajaran.
Penerapan suatu model pembelajaran harus berdasarkan teori belajar yang cocok
untuk proses pembelajaran agar kelangsungan proses tersebut dapat sesuai dengan
tujuan yang telah ditentukan.
Jika dikaji secara terminologis maka blended e-learning
menekankan pada penggunaan internet seperti pendapat Rosenberg (2001)
menekankan bahwa blended e-learning merujuk pada penggunaan teknologi
internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan. Hal ini senada dengan Cambell (2002), kamarga
(2002) yang intinya menekankan penggunaan internet dalam pendidikan sebagai
hakekat blended e-learning, termasuk untuk pendidikan guru.
Terdapat tiga kemungkinan dalam pengembangan sistem
pembelajaran berbasis internet, yaitu:
- Web course adalah penggunaan internet untuk keperluan pendidikan, yang mana peserta didik dan pengajar sepenuhnya terpisah dan tidak diperlukan adanya tatap muka.
- Web centric course adalah penggunaan internet yang memadukan antar belajar jarak jauh dan tatap muka (konvesional).
- Model web enhanced course adalah pemanfaatan internet untuk menunjang peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan di kelas.
Dijelaskan pula bahwasanya belajar yang efektif mempunyai
kriteria diantaranya, Melibatkan pembelajaran dalam proses belajar, Mendorong
munculnya keterampilan untuk belajar mandiri (learn how to learn),
meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pembelajar, memberi motivasi untuk
belajar lebih lanjut. Dan tutor dalam pelaksanaan tugasnya memiliki peran yang
meliputi: sebagai motivator, sebagai fasilitator, sebagai pembimbingan dan
evaluator, pengembangan materi pelajaran, pengelola proses belajar mengajar,
agen pembaruan. Sementara itu tugas tutor selaku pengajar meliputi; sebagai
informator, sebagai organisator, sebagai motivator, sebagai pengarah, sebagai
inisiator, sebagai transmiter, sebagai fasilitator, sebagai mediator, sebagai
evaluator.
Itulah sedikit yang dapat saya simpulkan dari pemapara
materi kelompok lima. Sekian dan terima kasih!
Diposkan oleh:
Mardiatul Jannah
Pend. Ekonomi/ B
1594041038
Tidak ada komentar:
Posting Komentar